RAWON SETAN BABEH

20130219_093445Jakarta, nglarastenan – Pindah kantor. Aku pikir enak, dengan suasana yang adem. Ternyata dugaanku benar, adem buanget. Nah dari acara pindahan ini ada yang kurang menurutku. Apa itu? Ya, tentunya makan siang. Setelah hunting, selain mahal ternyata makanan di area ini kurang sesuai dengan lidahku, dan bukan karena itu saja. Lift yang cuman 2 buah dengan tinggi gedung yang 16 lantai bisa di bayangin kan, bagaimana lamanya menunggu giliran pada saat puncak seperti makan siang, dan jam pulang kantor.

Akhirnya diputuskan bahwa, bawa bekal ransum salah satu jalan keluar. Dan setelah akhir minggu kemaren belanja, di putuskan hari ini membawa ransum ‘rawon setan babe’ (jangan salah nulis ya, karena artinya bisa lain). Pokoknya setelah matang di icipin, wuihhh…. ternyata benar-benar ngebul di ubun-ubun.

Nah, bagi sobat-sobat nglarastenan yang suka kuliner yang melejit bisa dicoba neh rahasia dapur babeh. Tapi ini rahasia lho, cuman sobat nglarastenan aja neh yang di kasih resepnya. Mau???

Bahan:
300 gr daging sapi
1500 ml air
tauge yang masih unyu-ungu
bawang goreng untuk garnishnya

Bumbu halus:
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai
5 biji kemiri
11 buah cabe rawit (biar setannya ngebul cuy)
jahe
kunyit
5 buah kluwek (pucung, bhs betawinya)

Bumbu lain:
daun bawang, potong-potong
sereh
daun jeruk
garam
penyedap (optional, itu juga kalo suka)
gula

Cara membuat:
rebus daging dengan air sampai epuk
tumis bumbu halus dan juga bumbu lainnya
masukan bumbu yang sudah ditumis ke dalam rebusan daging
angkat daging dan goreng sebentar, kemudian potong menurut selera
masukan kembali daging yang sudah dipotong-potong
masak sampai bumbu meresap

nah, setelah matang di sajikan deh di mangkok putih diberikan tambaha tauge dan dikasih garnish bawang goreng, jangan lupa telor asin dan emping atau kerupuk ya! sajian ini cukup kok untuk 4 orang. pokoknya ini rawon untuk para pemberani, kluwek 5 biji aja kalah warnanya ama cabe, boleh kalo mo ngebayangin …

3 thoughts on “RAWON SETAN BABEH

  1. wuih mantap tenan ketoke kui pakde….. mengko nek enek wektu aku tak melu nyoba, tapi nek cabene 15 ngono piye?

    • ora mung mantap… aurell we mangan ngedep banyu, ning ra uwis2, sebagian dibawa bekel nang kantor, temen nyicipin kue langsung bersin2….. tapi nek aku pass

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s