OASE – BELAJAR DARI KEJUJURAN BUAH MANGGIS

manggis-jujur-nglarastenanJakarta, nglarastenan – Akhir-akhir ini banyak cerita yang saling bermunculan dinegeri ini, dari kejadian sehari-hari sampai panggung
politik. Kisah Negeri yang dahulu sangat agung dimana budaya ketimuran sangat dijunjung tinggi. Saat ini, masihkah ke agungan itu????

Penulis bukan politikus, bukan pula seoang pengamat, apalagi ahli bidang politik. Bertanya pada diri sendiri, apa, mengapa, kok semua jadi seperti ini?

Dalam lamunan yang penuh bimbang dan ragu, sambil makan manggis pemikirkan hal ini. Tak terduka, entah sudah berapa saya makan buah ini. Namun yang bikin aku terkejut, adalah buah manggis ini selain manis rasanya, ternyata buah ini buah yang sangat jujur. Apapanya yang jujur?

Buah manggis ini selain menyegarkan juga memberikan pembelajaran, pembalaran alam terhadap manusia. Buah anggur tidak pernah ingkar, apa yang ditulis dibaju luar sama dengan apa yang ada di dalamnya. Dalam gambar ilustrasi ada bintang di bawah buah, dan jumlah bintang itu tidak akan berbeda dengan isi dari si manggis ini. Saya berkali-kali mengamati dan membuktikan, bahwa dari sekian buah yang saya temui tidak satu pun buah itu yang bohong padaku.

Masyarakat dan bangsa ini saat ini banyak sekali yang tidak berani jujur seperti buah manggis tersebut. Karena terdorong oleh napsu untuk memperoleh rasa manis (kekayaan, ketenaran, dll) sering terlihat glamor, berwibawa, gagah, besar namun didalamnya penuh ketamakan, ketidak jujur, kebohongan untuk menggapai napsu yang manis tersebut.

Tidak sedikit politisi kita lihat di televisi, berita online maupun media cetak yang berbicara tidak sesuai dengan hati nurani. Jujur, saya pun pasti pernah tidak jujur meski dalam hal kecil.

Buah manggis, meski tidak semua manis rasanya, tapi buah ini berani jujur bahwa yang ada di luar sama dengan yang di dalam, meski besarnya tidak sama. Dan ini juga bisa kita jadikan referensi, pembelajaran karena meski rejeki kita sedikit, pasangan kita pas-pasan tetap bersyukur dan tetap jujur seperti buah ini.

Buah manggis mempunyai khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan, ya mungkin karena buah jujur. Contoh, buah ini bisa mengatasi gangguan jantung. Dari sini saja kita bisa belajar, bila kita berani jujur maka hati kita akan tenang, jantung kita tidak merasa ketakutan karena bekerja tidak dalam tekanan.

Kejujuran ini bisa kita rasakan pula, bila ada tetangga yang minta tolong membelikan sapi untuk membelikan sapi yang harganya 1 juta, sedangkan kita bilangnya 3 juta. Nah dipastikan jantung kita akan berasa deg- degan, karena yang disampaikan tidak sesuai dengan kenyataan.

Buah manggis juga membuat awet muda. Hikmat yang kita petik dari khasiat buah ini masih kejujuran. Karena kita merasa sudah jujur, maka rasa gembira selalu mengelilingi kita, ini juga yang membuat kita gembira, bahagia karena tidak merasa ada yang salah, semuanya  sesuai dengan track yang telah digariskan.

Sobat, mari kita belajar dari buah manggis ini, buah kejujuran yang membawa kebahagiaan. #KD

4 thoughts on “OASE – BELAJAR DARI KEJUJURAN BUAH MANGGIS

    • makasih kak fadel…. luar biasa memang, siapun yg berani jujur, pahit, kecut, manis. dengan jujur hati akan tenang, tiada beban. semangat, thanks mo berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s