PUSAKA SEJARAH – CANDI BRAHU TROWULAN

cd brahu_Hagrid_Flowery1

Mojokerto, nglarastenan – Candi Brahu terletak didesa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi Brahu berdiri diketinggian 32,79 meter diatas permukaan laut, menghadap ke barat dengan Azimuuth 227 derajat. Menurut Prof. Muchori, bahwa brahu berasal dari kata abu.

Bangunan ini terbuat dari batu bata, denahnya berbentuk segiempat dengan ukuran 18×22,5 meter. Tinggi candi yang masih tersisa hingga sekarang 25 meter.

Bangunan ini sebagian telah rusak, tetapi sekarang sudah dipugar. Pemugaran dilakukan oleh Belanda pada tahun 1920, selanjutnya pemugaran dilanjutkan tahun 1990/1991 hingga tahun 1994/1995, dan dikerjakan oleh proyek pembinaan peninggalan sejarah dan kepurbakalaan bekas kota kerajaan Mojopahit, Jawa Timur.

Candi brahu tidak mempunyai hiasan, pada bagian atap terdapat sisa profil berdenah lingkaran yang diduga sebagai bentuk stupa. Masa pendirian Candi Brahu berasal dari abad 10 M. Menurut cerita rakyat, Candi Brahu berfungsi sebagai perabuhan atau membakar mayat, tetapi tidak ada bukti arkeologis yang mendukung cerita rakyat tersebut. Bilik Candi saat ini telah kosong, tetapi didinding timur bilik masih terdapat Altar tempat sesaji.

Adapun riwayat penelitian sebagai berikut: Menurut daftar inventaris lama, disekitar Candi Brahu, dahulu juga terdapat bangunan-bangunan yang lain, yaitu Candi Gentong, Candi Muteran, Candi tengah. Namun yang ada saat ini hanya Candi Brahu dan Candi Gentong.

Disekitar kompleks Candi Brahu pernah ditemukan benda-benda kuno berupa benda-benda dari bahan emas dan perak, 6 (enam) buah area yang bersifat agama Budha dan piring perak yang bertuliskan kuno. Benda-benda tersebut sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Pada tahun 1963, kira-kira 45 meter disebelah barat daya Candi Brahu, telah ditemukan 4 (empat) lempeng prasasti tembaga dari Raja Sindok (abad X masehi), kini benda tersebut disimpan di Balai Penyelamat Area. #sumber: BP3 – end/kd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s