WISATA OLAHRAGA – PEMBINAAN USIA DINI

rip-lceJakarta, nglarastenan – Masih ingat superioritas Spanyol dan Barcelona? Ya, dunia olahraga khususnya sepakbola dibikin takhjub oleh superioritas Spanyol dan Barcelona beberapa waktu lalu. Bagaimana pembinaan usia dini yang sangat berhasil di negara teresbut, talenta-talenta muda seperti tidak ada habisnya, bahkan bisa buat dua tim dengan sama baiknya.

Semifinal liga champion Eropa, kemaren pagi dan pagi dini hari tadi seolah mengubur superioritas tim- tim Spanyol ya beberapa tahun terakhir menguasai liga Eropa. Kekuatan yang mapan dan penuh pengalaman, dan sebagian pemain bergelimang piala tidak membuat tim-tim dari Spanyol ini menjadi tim super.

Seperti roda yang selalu berputar, kadang dibawah kadang juga diatas. Apakah Spanyol ataupun Barcelona, yang beberapa tahun menguasai singgasana akan digeser Jerman dan tim-tim dari negeri panser ini.

Beberapa tahun belakangan tim panser dan tim-tim dari Jerman kalah bersinar dan redup oleh kilau dan pesona dari tim Andalusia, tidak berlaku saat ini. Bermaterikan pemain lokal hasil pembinaan usia dini yang makin matang, lambat laun Jerman mulai unjuk gigi.

munchen-dortmundTim sekelas Barcelona yang begitu superior di La Liga dibuat tidak berkutik oleh penguasa liga Jerman, FC Hollywood (Bayern Muchen) dengan skor yang amat memilukan 4-0. Dan juga tim bertabur bintang Real Madrid yang diarsiteki seorang ahli strategi pun dibuat tidak berdaya oleh Borrusia Dortmund dengan skor yang sulit dipercaya 4-1.

Bukan suatu hal yang mustahil, jika pada perhelatan World Cup 2014 @ Brazil nanti Tim Panser menjelma menjadi kampiun turnamen empat tahunan tersebut. Dengan talenta-talenta muda yang semakin matang, dan banyak pilihan pemain berkualitas sangat mungkin hal tersebut terjadi.

Selamat buat Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, Anda berdua menjadi tim yang layak menjadi kampiun, dan tetaplah membumi karena perjalanan belumlah usai. end/kd

One thought on “WISATA OLAHRAGA – PEMBINAAN USIA DINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s