ASIKNYA BOLA – KLUB JERMAN YANG SUPERIOR

Europe – Klub-klub Jerman saat ini sangat superior, apalagi Bayern Munich yang mepecundangi klub dengan nama besar dan talenta-talenda super, FC Barcelona dengan skor yang cukup membelalakkan mata seperti tidak percaya, 7 – 0.

bola-euroPun demikian dengan Borrussia Dordmund yang menggilas la galacticos, Real Madrid. Klub yang digawangi seorang pelatih handal macam Mourinho tidak lebih baik dari the Catalan. Kalau di European Football Championship 2008 dan World-Cup 2010 selalau jadi pecundang dari tim Spanyol, namun tidak pada gelaran Euro Champion League 2013 kali ini.

Ral Madrid di depak Borrussia Dormund dengan skor agregat 3-4, dan FC Barcelona dikubur FC Holywood sedalam 0-7. Melihat para talenta-talenta dari klub-klub jerman saat ini, dengan pemain-pemain yang mulai matang dan usia emas, bukan tidak mungkin TIm Jerman dan klub-klub dari Jerman akan dapat berbicara lebih banyak di kancah Eropa mapun Dunia.

Bukan suatu kebetulan jika Pep Guardiola sangat ingin berkarya di Jerman pada musim panas tahun ini. Dengan materi yang cukup mumpuni, dari segala lini Bayern akan lebih menakutkan dibawah arsitek muda penuh talenta seperti Pep.

Kita juga ingat, TIm Jerman adalah salah satu tim yang ada dimuka bumi ini dengan segudang prestasi, dimana Jerman sudah sangat ditakuti sebagai tim spesialis turnamen.

Spanyol, meski masih menelurkan talenta-talenta bola yang cukup banyak, namun generasi emas sudah mulai menurun dimakan usia. Klub-klub dari Spanyol yg sangat superior di liga domestik, seperti Madrid dan Barca pun tinggal fokus ke liga domestik.

Di Timnas, Spanyol punya pasukan yang melanglang ke berbagai liga top Eropa, seperti Javi Martinez yang saat ini mewakili Spanyol di Bayern Munchen, David Silva di Manchester City, Juan Mata di Chelsea, Iniesta, Pique, Xavi dari Barca, Iker Casillas dari Madrid, dan lain-lain mungkin kalah motivasi bila dibanding para talenta muda asal Jerman yang masih minim prestasi seperti Bastian Schwensteiger, Mario Gomez, Thomas Muller, Manuel Neuer, Philip Lahm, dari Munchen, Mario Gotze, Mats Hummels dari Dordmund, dan lain-lain yang lebih termotivasi karena selalu menjadi nomor dua akan sangat berbahaya bagi tim Spanyol yang motivasinya tidak segarang dulu.

Dua negara sebagai kekuatan benua biru saat ini sepertinya masih akan mendominasi cerita-cerita indah dari dunia sihir sepakbola, baik Eropa maupun Piala Dunia pada tahun depan (2014) di Brazil. Sekarng tinggal kesiapan mental, fisik dan motivasi yang terus dipupuk dan dijaga menjadi seni tinggi yang sangat enak untuk dinikmati. end/kd

2 thoughts on “ASIKNYA BOLA – KLUB JERMAN YANG SUPERIOR

  1. ahh dari dulu juga Jerman itu selalu nomer satu di hati saya hahah sejak SMP kalo ga salah pas World cup udah jatuh cinta sama tim panzer🙂

    • yah itu kan dulu dik, tapi kemaren 2008 dan 2010 the panzer gigit jari tuh sama pasukan andalusia ( eh spanyol ding, andalusia cuman bagian seempritnya)… kalo abah mah, yang mainnya bagus itu yang diapresiasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s