PANGUDARASA – HAK ASASI YANG KEBABLASAN

HAMNglarastenan – HAM, Hak Asasi Manusia. Di era kini hak asasi menjadi jualan atau isu yang cukup menyita perhatian. Dari mana HAM itu berasal??? Silakan para pembaca mencari tahu, apa makna HAM yang sebenarnya.

Kali ini nglarastenan ingin sedikit membahas tentang hak asasi terutama pasal 26 sampai dengan pasal 28 dan juga pasal 33. Kami ambil contoh pasal 33 ayat 2 yang berbunyi: Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Dari pasal dan ayat tersebut diatas saya ingin mencontohkan orang atau kelompok yang mengusai tanah negara dan merugikan hajat hidup orang banyak di bela oleh Lembaga HAM. Manakah yang benar menurut pembaca? Negara atau kelompok? Apakah menguasi suatu tanah atau lahan milik negara, badan hukum ataupun perorangan secara ilegal itu tidak melanggar HAM?

Saya bingung dan risih mendengar pemberitaan dimesia selama ini. Contoh lain, ada suatu kasus perampokan disuatu bank dan di bank tersebut ada pihak pengamanan dari perusahaan dan kadang dibantu oleh pihak kepolisian. Tapi apa kenyataan selama ini yang kita baca, kita lihat? Apabila polisi menembak perampok tersebut maka polisi akan dianggap melanggar HAM, padahal itu adalah tugas polisi, tapi bila yang meninggal di bacok polisi para penggiat HAM hanya bilang, turut berbelasungkawa.

Jadi mana sih itu HAM??? Apa sih itu HAM????

Akhir-akhir ini sering baca dimedia online tentang pemindahan warga di sekitaran waduk pluit. Di media macam-macam isinya, dan rame juga komentarnya. Tapi saya juga merasa lucu bin ketawa, makhlum gak pernah makan bangku sekolah.

Orang atau kelompok membangun permukiman dengan rangka baja ringan di suatu tempat ilegal (tanah negara), dan sudah bermukim puluhan tahun kemudian akan di relokasi, disediakan tempat kemudian meminta ganti rugi, meminta tempat gratis dan lain-lain. Menurut saya geli saja mendengar dan membacanya.

Udah tinggal bertahun-tahun, gratis gak perlu bayar sewa ke negara, begitu mau dipindah direlokasi minta ganti rugi. Harusnya kan negara yang minta ganti rugi, karena puluhan tahun tanah mereka dikuasai, dan yang bikin tambah ketawa geli kata penggiat HAM negara melanggar HAM.

Jadi saya rasa benar kata AHOK, kita rame-rame aja yuk matokin lapangan monas, kan nanti kalo mo di gusur kan dapat ganti rugi.

HAM bukan membela pemilik, tetapi seringkali HAM menjadi pembela kepentingan. end/kd

2 thoughts on “PANGUDARASA – HAK ASASI YANG KEBABLASAN

  1. HAM kadang ga mikir dulu siapa yang dibela, pokoknya kalo yang mbabat itu aparat pasti kena pasal HAM. Padahal yang dibabat itu terkadang juga meresahkan masyarakat….
    Terus mengenai rakyat yang minta ganti rugi padahal itu tanah yang dipakai tanah negara. sebenarnya yang salah Pejabat Pemda sebelum-belumnya, yang dengan sengaja membiarkan pembangunan di tanah milik negara. Dan pastinya ada dana keamanan yang melibatkan Pejabat2 yang mata duitan. Hehehhe

    • ngunuw yo mas, weleh-weleh… lha kawit biyen ngunuw je, kui mung lagi sak perangan, kamangka pirang-pirang kahanan kayamangkana mau ing kene

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s