HOBBY – PENDUKUNG UNTUK MEMANCING (UMPAN)

Nglarastenan – Kalau kemaren sudah dibahas mengenai peralatan untuk memancing, dari yang jadul sampai yang terkini, maka untuk mendukung kegiatan memancing selain alat utama tersebut juga harus ada umpan, agar ikan mau mendekat, tergoda dan akhirnya bisa kita pancing dengan suskes.

Nglarastenan mengidentifikasi umpan mancing menjadi 3 bagian, yaitu Live bait (umpan hidup), artificial lure (umpan boongan/ikan-ikanan) dan umpan konvensional (beberapa bahan yang diramu menjadi umpan). Marilah kita bahas satu-satu mengenai umpan tersebut seperti berikut:

mancing - umpan alamiLIVE BAIT (UMPAN HIDUP, UMPAN ALAMI)
Ikan-ikan predator biasanya akan lebih efektif kita pancing dengan menggunakan umpan hidup. Selain ikan predator ikan hidup yang biasanya gemar vegetarian pun sebenarnya juga akan memangsa apa yang ditemukan di alam liar, seperti serangga, anak kodok, dan lain-lain.

Jenis umpan hidup yang sering kita jumpai untuk mancing di air tawar antara lain: cacing tanah, kroto (telor semut rangrang), jangkrik, uter, poa, laron dan banyak lagi jenis serangga. Untuk memancing ikan dilaut biasanya ikan tembang yang dikoncer, udang, atau tongkol yang dijahit untuk trolling.

Untuk di air tawar umpan hidup biasanya sangat efektif untuk ikan gabus, toman, gurame, pacu/bawal, lele, moa/sidat, dan lain-lain. Untuk memancing dilaut, hampir semua ikan dapat dipancing dengan menggunakan umpan alami seperti potongan ikan, ikan hidup ataupun lumut.

Beda dengan ikan gurame, lele dan gabus, ikan nila dan mujaer lebih suka dengan lumut, maka untuk memancing ikan ini lebih baik menggunakan lumut, apalagi dengan target ikan babon/indukan.

ARTIFICIAL LURE (UMPAN BOHONGAN, UMPAN TEPU-TEPU, UMPAN PALSU)
Umpan jenis ini biasanya digunakan memancig dengan teknik tertentu, misalkan teknik jigging (bottom fishing), popping (floating), dan fly fishing.

metal jigTEKNIK JIGGING, adalah salah satu teknik mancing dengan menggunakan metal jig di kedalaman tertentu, misal 50m, 100m bahkan 200m. Biasanya target ijigging adalah ikan-ikan dasar, seperti eskolar, atau ikan kuwe (giant trevally) yang hidup dari permukaan hingga dasar laut (menurut cerita). Teknik jigging adalah teknik yang memerlukan kondisi yang prima, karena meski metal jigg beratnya cuman 500gr, tapi karena berpadu dengan derasnya arus dan dalamnya samudra, teknik ini sangat menguras energi.

Teknik jigging biasanya akan lebih efektif jika dilakukan bersama-sama di saat ikan dalam kondisi lapar, yang tunjang arus yang cukup. Karena bila 1 orang menggunakan teknik jigging dan 3 orang lainnya menggunakan live-bait, biasanya yang jingging hanya mendapatkan bulu ketek yang copot doang. Teknik ini biasanya menggunakan joran pendek, karena tidak perlum menjangkau area yang jauh dan joran pendek akan meringankan beban yang memang cukup dalam.

mancing - popperTEKNIK POPPING, disebut popping karena mancing ini dengan cara floating (mengambang) dengan umpan berbentuk ikan, dan bila di tarik akan menghasilkan suara poopp…pooppp….. maka tidak heran jika teknik ini disebut popping. Mancing popping menurut para pakar popping biasanya dilakukan di gugusan karang, atau dipinggir pulau yang berkarang dan biasanya teknik popping ini menghasilkan strike ikan yang sudah dewasa, atau minimal ikan remaja yang udah sunat (puber).

Target memancing popping biasanya ikan-ikan pelagis, seperti kue (giant trevally, tuna, tenggiri, marlin ataupun layaran). Para pakar mancing popping menyarankan memancing teknik ini dengan menggunakan reel dengan rasio tinggi dan joran yang cukup panjang agar memudahkan melempar popper ke target yang lebih jauh, dan juga dengan kenur braided yang tidak punya elastisitas (mulur).

Mancing - Fly SetsFLY FISHING, teknik mancing ini menggunakan joran yang panjang dengan kenur yang cukup berat dan besar. Fly fishing sangat efektik untuk mancing ikan predator, atau pun ikan-ikan air tawar di alam liar yang gemar memangsa serangga.

Penulis cukup sulit memancing dengan teknik ini, karena teknik ini perlu latihan intens. Namun dengan lure yang sangat mirip dengan aslinya, memancing ini juga cukup efektif. Teknik ini selain dapat strike, untuk menghasilkan lure berkualitas saja pemancing sudah sangat puas, karena tingkat kesulitan dalam membuat umpan yang perlu kesabaran dan dan ketelatenan.

baitcasting reelCASTING, Teknik ini juga menggunakan artificial lure berupa ikan-ikanan, froggy, dan lain-lain. Target memancing ikan ini adalah semua jenis ikan predator, baik tawar maupun laut. Joran yang digunakan biasanya joran overhead dengan gagang mirip pistol dan reel khusus untuk casting atau yang sering di sebut reel baitcasting, meskipun teknik ini tetap bisa menggunakan reel spinning. Pemancing yang menggunakan teknik ini penulis sering temui dipemancingan alam (wild fishing) dengan target gabus, tapah, hampala/palung, dan lain-lain.

Mancing teknik ini memberikan sensasi tersendiri, dari saat umpan disambar ikan sampai dengan eksekusi. Teknik ini banyak digunakan pemancing wild yang senang berpetualang dialam liar.

UMPAN KONVENSIONAL
Umpan ini hasil racikan pemancing dan biasanya untuk umpan ikan di kolam, baik harian maupun galatama. Umpan ini bisa berupa pelet yang diseduh dengan air, atau umpan yang dibuat dari berbagai bahan yang mengandung protein, vitamin, lemak, air dan lain seperti keju, mentega, tepung, telor, ikan sarden dan lain-lain. Untuk galatama biasanya umpan beraroma esen yang terbuat dari tepung sagu.

umpan ikanmasUntuk umpan harian ikan mas biasanya cukup beli pelet yang di seduh dengan air sudah cukup, tetapi untuk lomba berbagai macam bahan dijadikan satu, dan kadang-kadang bonus dari bini, ortu berupa wejangan karena blender/mixer rusak, dapur berantakan. Umpan lomba biasanya memerlukan modal besar, misal kita pake kroto 5 ons dengan harga 125.000IDR, telor bebek 15 biji 37.500IDR, Keju 18.000IDR, Susu bubuk/cair, santan instan, bubuk mie untuk mengatur kekenyalan, mentega weijsman, dan tuna instan, ini baru yang lomba sederhana. Untuk lomba besar seperti di Deplu 74 kemaren minggu, para pemancing memerlukan kroto dengan kualitas bagus dengan harga yang selangit.

Jadi intinya mancing merupakan pilihan hobby, dan terserah mau mancing seperti apa semua ada medianya, mau yang mahal, yang sedang, yang murah semua ada. Mau ikan di bawa pulang mancinglah harian atau kiloan, males bawa ikan pulang mancinglah ikan galatama. Semua tergantung minat, yang penting hobby tersalurkan, hati senang, riang dan gembira. end/kd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s