BERITA KULINER – JUARA UMUM LOMBA MAKANAN KHAS JAWA TENGAH TAMINI 2013

dEWAN jURInglarastenan – Kabupaten Semarang pada acara Pameran Produk Unggulan dan Potensi khas Jawa Tengah 2013 yang berlangsung di anjungan Jateng TMII pada 22-23 Juni 2013 yang diselenggarakan Kantor perwakilan Jateng berhasil membawa pulang juara umum pada Lomba Makanan Khas kali ini.

Menurut dewan juri yang diketuai Hj Ning Sudjito Kabupaten Semarang berhasil menyajikan makanan khas daerah dengan kreatif, inovatif serta menunya komplit.  Sri Windiyani, ketua tim dari Kabupaten Semarang, pihaknya menyajikan menu khas yang unik seperti jamu kikil sapi, sate sapi Suruh, pecel Rowopening dengan genjer dan slada air yang khas, kripik daun adas dan minuman mix secang.

“Tak percuma kami 11 orang menempuh 23 jam perjalanan ke Jakarta, membawa bahan mentah dalam coolbox, dan memasak langsung di bawah pohon di anjungan Jateng. Terimakasih kepada Pemda dan pihak swasta yang mendukung kami dalam lomba ini,” kata Sri, Minggu (23/6) siang dengan ekspresi yang ceria.

KULINER PEKALONGANHj Tuti Toro, ketua tim dari Kota Pekalongan, pihaknya menghadirkan ke khasan makanan asli Pekalongan nasi megono serta tauto Pekalongan. Menurutnya, banyak daerah yang mengklaim memiliki nasi megono tetapi setelah mendapatkan informasi yang komplit, akhirnya Tim Pekalongan berhasil menyajikan makanan tersebut dengan cara yang khas Kota Pekalongan.

“Karena makanan khas daerah, maka kita mengusung konsep lesehan yang pas dengan suasana kedaerahan, tak perlu mewah, tapi yang penting tetap sesuai pakem. Alhamdulillah kami juara favorit, dan juara I untuk makanan pokok. Tak percuma 18 jam perjalanan Pekalongan menuju Jakarta,” sambungnya.

Lomba masakan tersebut memperebutkan tiga kategori  juara yaitu, kategori makanan pokok, dengan juara I diraih Kota Pekalongan. Kategori kudapan juara I diraih Kabupaten Temanggung, dan kategori stan terbaik yang juara I nya diraih Kabupaten Magelang. Kabupaten Semarang meraih Juara Umum karena menjadi juara II untuk kategori makanan pokok, juara harapan III untuk kudapan dan juara II untuk stan terbaik. End/kd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s