BAKSO MBAH MO

Ciledug – Orang Wonogiri gak bisa bikin bakso? Hmm…. gk afdol. Bahkan belum lama ini saya ngobrol-ngobrol sama pedagang bakso di daerah Depok. Biasa, SKSD. Nah, ternyata Mbah Mo disangka tukang bakso, mentang-mentang dari Wonogiri. Ya sudah, ndak masalah. Ngobrol ngalor ngidul cari peluang sambil menunggu hujan reda.

Sabtu, 22 Februari 2014 hujan dari jam 05.00 dini hari (gak tau juga kalau malamnya udah hujan, makhlum bangun setengah lima sudah hujan) dan baru berhenti lebih kurang pukul 15.00 sore harinya. Dingin, dan tidak bisa kemana-mana deh. Pokoke hampir seharian di rumah. Minggu pagi suasana masih belum kondusif, di langit masih menggantung awan yang menyejukkan, dan berfikir ulang ulang untuk beraktifitas di luar rumah.

Tanpa pikir panjang, beli bahan untuk membuat bakso sendiri. Lumayan, ada aktifitas dan bisa menghangatkan badan. Berikut bocorannya. Silakan di coba, dan jangan lupa liked ya.

Bahan:

300 gr daging diling (bisa beli di SM)
150 gr daging ayam giling (bisa beli di SM)
150 gr tepung tapioka / sagu
1 butir putih telor
1 siung bawang putih, keprek
1 cm pala, haluskan
1 sdt lada
1,5 sdt garam
1 sdm gula putih
1 blok / 1 sachet kaldu sapi
1/2 sdt baking powder
1 sdm bawang goreng
lk 50 gr es batu
1 sdm olive oil (minyak zaitun)

Cara membuat:

  1. Siapkan food processor yang cukup baik untuk menghaluskan daging (kalau banyak bawa ke pasar saja, dan bahan tinggal kasih ke tukang giling bakso)
  2. Masukkan daging daging giling, ayam giling, bawang putih yg sudah di geprek, dan batu es, kemudian proses, atau kalau mesin pemroses makanan cukup bisa di handalkan ya bisa di masukkan semua.
  3. Bila daging sudah cukup lembut, campur semua bahan sisa sampai kalis.
  4. Bahan bakso siap di cetak
  5. Siapkan air mendidih, dan kemudian angkat untuk mencetak bakso secara manual dengan memencet di tangan (antara jempol dan jati telunjuk, dan ambil dengan sendok).
  6. Rebus bakso dengan air yang bersih sampai mengambang, yang menandakan bakso sudah matang.
  7. Bakso siap di olah, atau dimakan langsung.

Optional:

Untuk membuat kuah bakso, gunakan tulang sapi, dengkul (lutut, kaki), buntut atau iga. 2 liter air ditambahkan 2 siung bawang putih geprek, jahe geprek dan daung bawang ikat. Dan bakso siap disajikan dengan teman-temannya.

Selamat mencoba.

Note:

Maaf ya yang kemaren sudah menanti resepnya. Kelar nulis langsung terima telepon ada keluarga yang meninggal, dan dua hari berturut-turut. Lunas sudah, terimakasih buat my princess.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s