Tips Menghilangkan Lendir Pada Ikan

lele1

Siapa tidak suka ikan? Ada, tapi prosentasenya kecil. Apalagi Indonesia merupakan negara bahari, kepulauan yang banyak gugusan pulau yang kaya akan ikan. Tidak hanya di laut, di air tawar pun Indonesia kaya akan jenis ikan, meski kadang-kadang miris dengan infasi ikan asing.

Baik, bukan itu yang akan kita bahas, tapi tips bagaimana mengurangi amis pada ikan dan menghilangkan lendir pada ikan, sehingga ikan mudah untuk dibersihkan dan sedap untuk di olah.

Tips Pertama. Jika sobats nglarastenan ingin membersihkan ikan lele, atau belut sobats akan susah untuk memegangnya. Tipsnya adalah, sobats nglaras bisa menggunakan abu gosok, dan apabila lele yang akan kita siangi (bersihkan) pecicilan tidak mau diem, maka sobats nglaras bisa menggunakan garam.

Caranya, tuang lele yang akan kita bersihkan ke dalam ember, kemudian awuri garam, dan tunggu beberapa saat. Insya Allah lele pun akan nurut, dan siap kita bersihkan.

Tips Kedua. Bila sobat nglaras ingin menghilangkan lendir ikan yang telah kita siangi, sobat nglaras bisa menggunakan cuka beras. Caranya, ikan yang sudah kita bersihkan kita tempatkan di dalam baskom, kemudian siram dengan cuka beras / cuka masak dan aduk sampai rata. Setelah tercampur, dan diamkan sekitar lima menit, ikan kita cuci sampai bersih, dan siap untuk di olah sesuai selera kita.

Tips Ketiga. Membersihkan sisik ikan. Untuk ikan bersisik, pasti sobats nglaras tidak asing lagi, dan pasti akan di bersihkan sisiknya untuk di olah lebih lanjut. Untuk membersihkan sisik satu ikan mungkin tidak ada masalah, tapi jika ikan yang akan kita bersihkan banyak, pasti ribet juga kalau menggunakan pisau. Nah, membersihkan sisik ikan sambil nglaras dengerin lagu kesayangan pasti memberikan kesan tersendiri.

Caranya mudah, karena sobats nglaras dapat menggunakan potongan kayu yang tidak terpakai, kemudian kayu tersebut diberi paku sampai tembus (seperti parut kelapa manual), namun panjangnya paku yg terlihat (nongol) jangan panjang-panjang, cukup 1 – 2 mm. Nah alat ini sangat membantu kita membersihkan ikan yang bersisik. Bahkan pegangannya bisa kita ukir agar enak / nyaman di genggaman.

Untuk tips melunakkan duri ikan tanpa panci presto akan kita bahas lain kali. Jadi simak terus di sini nglarastenan.

2 thoughts on “Tips Menghilangkan Lendir Pada Ikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s