BELAJAR BERHITUNG

crude-oilKemaren di grup ada yang mengirim tulisan, bahwa BBM kita dengan 6500 masih untung 260 per liter, dengan harga minyak mentah per barrel saat ini di kisaran US$80 (20/11/2014).

Saya yang orang awam dan dari udik terperanjat. Masa sih? #BODO! Jawab sekenanya (#theComment).

Belajar berhitung yuk:
Harga minyak mentah dunia (Crude oil) per barrel – US$80 (eia.gov)
Biaya Pengolahan (rata-rata US) per barrel – US$33.75 (eia.gov)
Biaya distribusi premium– 3% (republika.co.id)

1 barrel = 158.99 (159) liter (metric.convertion.org)
Kurs US $1 = 12.000IDR

Harga minyak mentah 80 ltr x 12.000 IDR = 960.000 IDR
Biaya Pengolahan = 33.75 x 12.000 IDR = 405.000IDR
Sub-total = 1.365.000 IDR
Biaya distribusi = 3,32% x 1.365.000 IDR = 41.334
Total biaya per barrel = 1.365.000 + 40.950 = 1.405.950

Harga BBM Premium per liter= 1.405.950 IDR : 159 = 8.870 IDR

Asumsi itungan wong ndeso dengan melihat harga crude-oil US $80, dan bila Indonesia Crude Price/ICP US $70, maka harga normal BBM ini masih 8.090.

Jadi, logika saya sih dengan harga Crude Oil US $80 masih untung 260 per liter adalah informasi sesat. Kalau mau seperti itu, ya gak usah beli di SPBU, tetapi beli saja minyak mentah sendiri dipengeboran, dan gak perlu lagi di olah langsung pake di kendaraan, selesai. UNTUNG KAN???

Ini bukan itungan pasti, hanya sebagai referensi untuk mengira-ngira harga BBM yang masuk akal apabila sudah siap pake. Tentu dalam trading internasional, apalagi BBM yg import pasti banyak sekali komponenya, termasuk nilai tukar mata uang. BAGAIMANA?

Makanya miara kuda aja, nanti rumputnya di tanam secara hidroponik. Asal tau saja saja, kuda yg berkualitas harganya bisa lebih mahal dari mobil.

Sumber: EIA, Republika, US Metric

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s