Akankah nasib Batu Akik akan senasib seperti Anturium???

batu akik #nglarastenan

Tourqois-Gold/nglarastenan

Fenomena atau memang ada yang memainkan? Ya, akhir-akhir ini ada yang kembali mencuat, membuat heboh dimana-mana orang berburu batu akik. Tua, muda, anak-anak ataupun petani, buruh, pelajar, mahasiswa, pegawai / karyawan maupun para owner perusahaan rame-rame berburu batu akik.

Kejadian ini mirip kejadian beberapa tahun silam, dimana tanaman anturium begitu digandrungi seantero Nusantara, dari desa sampai kota. Dan, harganya tak masuk diakal, mirip seperti perburuan batu akik saat ini.

Pada saat anturium harganya melampaui harga logam mulia, yang pada saat itu membuat penulis geleng-geleng kepala. Jamak ditemukan pada saat itu, anturium ibarat istri, tiap malam di taruh dikamar biar aman dari para pegundal maling tengik.

Makhfum juga, karena harga satu pohon anturium dengan bonggol harganya misa mencapai milyaran rupiah pada saat itu. Bahkan pernah ada korban tanah longsor yang tertimbun tanah berikut anturiumnya yang beberapa hari sebelumnya ditawar milyaran rupih, tetapi tidak di berikan.

Siapa yang tidak kenal dengan anturium jenmani, anturium gelombang cinta, dan lain-lain. Bahkan banyak orang yang tadinya tidak tahu jadi ikut-ikutan untuk mengoleksi. Seperti roda kehidupan, anturium pun terjun bebas seperti harga minyak saat ini, dan akhirnya sekarang banyak anturium dibuang, dibiarkan tak terurus.

Pun demikian saat ini dengan batu akik. Dimana-mana orang heboh berburu batu. Dari kampung-kampung sampai gang-gang kecil banyak penjual jasa untuk memoles atau pun memberikan ikatan. Tidak mahal memang, karena menurut pantauan jasa poles per buah batu berkisar antara 15 – 35 ribu, tetapi para penjual jasa tersebut dalam sehari bisa menyelesaikan labih dari 20 buah batu cincin, itu belum penjualan pernik-pernik lain seperti cincin pengikat batu akik.

Berapa besar duit yang berputar saat ini dalam transaksi batu akik ini? Pasti sangat besar, mengingat jumlah pecinta batu ini semakin hari semakin bertambah.

Akankah nasib pecinta batu akik akan seperti booming dikala anturium, euphorbia, dan lain-lain menjadi primadona seperti waktu yang telah lewat? end. #nglarastenan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s